Perkantoran.

Kantor adalah bagian dari organisasi yang menjadi pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.

Perlengkapan kantor yaitu semua benda yang terdapat di dalamnya dan diperlukan dalam rangka proses kegiatan kantor.

Perabot kantor yaitu segala macam barang atau benda kantor yang berfungsi sebagai penunjang terhadap pekerjaan kantor. Istilah lain dari perabot kantor adalah perkakas kantor atau office furniture. Misalnya: Meja, lemari, kursi, rak, dsb.

Tujuan utama dari sebuah kegiatan perkantoran adalah:

  1. Menerima informasi.
  2. Mencatat informasi.
  3. Memproses informasi.
  4. Menyajikan informasi.
  5. Merawat aktiva.

Kantor berfungsi sebagai suatu wadah atau tempat sekumpulan orang untuk melaksanakan kegiatan tata usaha terlaksana untuk memulai, membenahi, mengembangkan, dan mengawasi kegiatan usaha.

Pengertian dasar kantor adalah ruang kerja atau ruang tulis, markas atau tempat dimana seorang pengusaha beserta staff nya menjalankan usahanya lalu instansi, perusahaan atau badan usaha.

Definisi: Kegiatan yang dilaksanakan sekelompok orang yang selalu mengalami perubahan-perubahan berdasarkan penjelasan di atas ada 2 arti kantor, yaitu:

  1. Kantor statis: Merupakan suatu tempat berupa gedung dan fasilitas perlengkapannya. Statis berarti diam, tetap dan tidak bergerak.
  2. Kantor dinamis: Merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam suatu tempat. Dinamis berarti gerak dan senantiasa berubah.