Ini pengertian singkat Administrasi

Deskripsi Umum Administrasi

Berasal dari bahasa latin “ad” adalah intensif, dan “ministare”, melayan, memenuhi, membantu.

Pengertian di tinjau dari ruang lingkup:

  1. Arti sempit

Sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dsb) clerical works.

  1. Arti luas

Proses kerja sama dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan.

Kesimpulan:

Administrasi adalah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ilmu Administrasi, ilmu yang mempelajari proses kerja sama manusia untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Administrasi dalam arti luas dan sempit di dalam penyelenggaraannya di wujudkan dalam fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari:

  • Perencanaan
  • Pelaksanaan
  • Pengorganisasian, dan
  • Pengawasan